Wednesday, April 28, 2010

Pelajaran Moral PU (Part 1)



Pelajaran moral PU #1: Jangan pernah menunda suatu pekerjaan, walaupun pekerjaan tersebut simple adanya. Jika pekerjaan tersebut terlalu banyak, cobalah untuk selalu membuat daftar supaya tidak ada yang terlewatkan. Hal ini juga akan melatih dirimu lebih disiplin dan teratur/well-organized dalam banyak hal.

Pelajaran moral PU #2: Belajarlah untuk selalu berhemat dan menabung. Seberapa pun besarnya pemasukan, usahakan untuk selalu menabung “di awal” ketimbang menabung “pada akhir”.

Pelajaran moral PU #3: Jangan pernah menganggap remeh – temeh hal – hal atau masalah yang sifatnya simple ataupun kecil. Cobalah untuk selalu me-review ulang hal simple tersebut supaya tidak akan menjadi sesuatu yang lebih besar di kemudian hari. Hal ini akan menjadikan dirimu lebih detail dalam banyak hal di kemudian hari. Jika hal kecil/simple itu begitu penting untuk di sampaikan, sampaikanlah, jangan memendamnya seorang diri.

Pelajaran moral PU #4: Jangan terlalu percaya 100% pada teman yang baru dikenal atau seseorang yang baru menjadi teman! Percayalah hanya 90%, selebihnya 10% adalah untuk menelaah apakah yang mereka lakukan/bicarakan tersebut benar adanya.

Pelajaran moral PU #5: Belajarlah dari kesalahan dan kegagalan. Saat bertindak selalu ingat bahwa kesalahan sebelumnya adalah pelajaran untuk menjadi seseorang yang lebih baik di kemudian hari.

Pelajaran moral PU #6: Jangan pernah menaruh benda – benda apapun tidak pada tempatnya/sembarangan, sekalipun benda itu kecil dan remeh – temeh!

Pelajaran moral PU #7: Jangan pernah mengatakan TIDAK SUKA pada SESUATU, karena suatu saat kelak malah akan berbalik menyukainya.

*** to be continued ***

No comments:

Post a Comment

Other Blog

Followers

Search This Blog